Tuesday, April 19, 2011

Tempat Impianku 2011 - 2012

Indonesia itu sungguh cantik dan aku benar-benar jatuh cinta dengan keindahan alam dan budayanya!


Karena keterbatasan jatah cuti dan keuangan, aku membuat wish list tempat-tempat cantik di Indonesia yang ingin aku kunjungi pada periode waktu 2011 - 2012. Semoga Tuhan mengijinkan dan memampukanku untuk mewujudkan wish listku.


GREEN CANYON - PANGANDARAN


Obyek wisata Green Canyon berlokasi di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, dan berada di sepanjang sungai Cijulang — sekitar 31 km dari Pangandaran. Julukan Cukang Taneuh muncul karena di tengah sungai tersebut terdapat sebuah jembatan dari tanah selebar 3 meter dengan panjang 40 meter.Jembatan tersebut menghubungkan dua desa yang juga menjadi obyek wisata terkenal, yakni Desa Kertayasa dengan Desa Batukaras. Di Desa Batukaras terdapat Pantai Batukaras yang terkenal sebagai kawasan berselancar air (water surfing).


Sedangkan sebutan Green Canyon muncul, karena biasanya pada musim kemarau air di dasar sungai akan terlihat berwarna hijau. Tapi, ada juga yang mengatakan julukan itu muncul dari dua orang wisatawan Eropa asal Perancis dan Swis bernama Frank dan Astrid.


Saat itu, pada tahun 1990-an, keduanya datang untuk melakukan wisata sungai di Cijulang. Mereka kemudian menyusuri sungai dari muara di Pantai Batukaras. Setelah kedua wisatawan itu berhasil menyelesaikan misinya, terkuaklah rahasia Cukang Taneuh yang selama ini dianggap sangat angker dan menakutkan.


Selain Green Canyon, masih banyak spot wisata lain yang bisa dikunjungi, yaitu: Batu Karas, Batu Hiu, gua-gua (Nenek Lampir, Parat, Miring, Panggung), Pantai Barat dan Pantai Timur (satu-satunya tempat di mana para pecinta photography bisa mendapatkan panorama sunrise dan sunset sekaligus), serta cagar alam.


Bagi yang mempunyai budget lebih dapat mencapai tempat ini dengan menggunakan maskapai Susi Air (Cessna Grand Caravan - 12 seats) yang berangkat dari Jakarta pada pukul 10.10 pagi dan 4.20 sore. Lama penerbangan adalah 1 jam.


Sedangkan bagi budget traveler bisa menumpang bis dari Jakarta (Kampung Rambutan) atau dengan menyewa bis (10 jam perjalanan).

PULAU KOMODO - PULAU RINCA - LABUHAN BAJO


Aku jatuh cinta ke spot yang satu ini setelah melihat iklan TV salah satu merk minuman energi. Keindahan terumbu karang dan jernihnya perairan di Labuhan Bajo benar-benar memikat hatiku.



Selain itu, tentu saja aku ingin mewujudkan keinginan lamaku untuk mengunjungi Pulau Komodo yang dihuni Komodo yang dipercaya sebagai hewan purbakala. Pulau Komodo telah masuk sebagai salah satu finalis keajaiban dunia.


Pada Desember 2010 lalu aku bertemu dengan salah seorang temanku yang telah mengunjungi lokasi ini. Foto-foto yang ditunjukkan semakin memotivasiku untuk pergi ke sana.


PULAU SUMBA


Khusus rute yang satu ini sekaligus rute pulang kampung. Aku baru mengunjungi kampung halamanku sekali saja, itupun sudah lama sekali...kalau dihitung-hitung sudah lebih dari 15 tahun yang lalu.



Pulau Sumba kaya akan pantai berpasir putih, sebut saja Pantai Kalala, Pantai Nihiwatu, dan masih banyak lagi pantai cantik lainnya. Selain itu di Pulau Sumba terdapat banyak kampung adat dengan rumah-rumah yang masih sangat tradisional, serta makam-makan raja yang terbuat dari batu-batu raksasa. Tempat-tempat inilah yang ingin aku jelajahi.



Selain itu, Sumba terkenal akan Pasola (budaya perang lempar lembing dari atas punggung kuda yang diadakan rutin setiap tahunnya).

0 comments:

Post a Comment