Friday, April 8, 2011

Serba Serbi Bra

Bra seakan telah menjadi kulit kedua bagi para wanita. Karena termasuk dalam kategori underwear alias tidak nampak dari luar, acap kali pemilihan, pemakaian, dan perawatannya disepelekan. Sungguh disayangkan karena bra merupakan penunjang penampilan bagi penggunanya.


Kesalahan dalam memilih bra:



  1. Kebanyakan wanita membeli bra berdasarkan memori otak dalam menentukan ukuran cup, padahal berdasarkan pengalaman pribadi, setiap merk mempunyai ukuran cup yang berbeda. Bahkan extrimnya jenis bra juga menentukan ukuran cup yang pas bagi penggunanya. Penting untuk diingat bawa payudara wanita bisa berubah sebanyak 6 kali sepanjang usia (tergantung perubahan berat badan)! Jadi, sangat penting untuk mengukur kembali setiap 1-2 tahun sekali (walau kita merasa tidak ada yang berubah) agar dapat memilih bra dengan ukuran yang tepat.

  2. Salah mengenali ukuran bra. 90% fungsi bra adalah pada tali penopang, sisanya pada cup. Jika bra terlalu sempit, maka payudara akan "tumpah" ke samping dan atas.

  3. Mengkaitkan tali punggung di depan, lalu menggesernya. Kesalahan umum yang dilakukan adalah mengkaitkan tali punggungnya di depan, lalu memutarnya ke bagian belakang, baru setelah itu menaikkan tali bahunya. Cara yang benar: berdiri tegak, masukkan tangan ke dalam cup, posisikan payudara sedemikian rupa ke bagian tengah, lalu kenakan tali pundaknya.

  4. Jangan menggunakan bra dengan tali yang terlalu kecil, apalagi jika ukuran cup Anda cukup besar. Cara itu hanya akan menambah beban pada pundak, dan membuatnya sakit. Cup juga harus benar-benar pas menopang payudara. Tidak boleh ada payudara yang kelihatan ingin "lari" dari dalam cup. Ini penting, agar payudara Anda tidak melebar dan kendur.

  5. Memilih push up bra untuk payudara yang besar. Kebanyakan perempuan lebih menyukai bra tanpa jahitan atau bra dengan berbagai bentuk, yang bisa membuat payudara menjulang dan menantang. Bra-bra itu memang dirancang dengan kualitas yang baik dan menggunakan bahan yang bagus, tapi ingat, bra model itu tidak didesain untuk semua orang. Untuk mereka yang memiliki payudara besar, push up bra bisa menjadi musibah bagi Anda. Gunakan bra yang bisa mengangkat (payudara yang besar cenderung turun, RED.) dan membentuk payudara yang baik.

  6. Tidak membeli bra baru. Anda menggunakan bra yang sama selama 5 tahun? Berita buruk: bra tidak didesain untuk digunakan seumur hidup. Bra memiliki masa pakai, meskipun Anda merasa bra itu tetap nyaman meskipun sudah bertahun-tahun. Bra yang digunakan beberapa kali dalam seminggu dan dicuci secara rutin hanya bisa bertahan 1 hingga 1,5 tahun.

Tips membeli dan memilih bra:



  1. Nyaman dipakai. Untuk pemakaian sehari-hari, bahan bra yang digunakan yaitu bahan katun atau mikrofiber karena terasa lebih nyaman. Selain itu bahan tersebut memudahkan gerakan tubuh anda serta kulit dapat leluasa bernafas. Bagi wanita yang ingin tampil seksi, gunakan bra berbahan satin atau renda.

  2. Perhatikan ukuran bra yang akan dibeli. Perhatikan gambar berikut:
  3. Gb.1. Jika ukuran bra (lingkar dada) kebesaran, cup bra akan bergeser dari posisinya.

    Gb.2. Jika ukuran bra terlalu kecil, selain terlalu ketat sehingga kulit pundak, dada, dan punggung jadi merah-merah juga akibatnya payudara jadi ‘menyembul’ keluar. Selain itu, untuk mereka yang berlemak ekstra, akan menciptakan siluet tonjolan lemak yang kurang sedap dipandang. Apalagi jika memakai bahan yang fitted atau stretch.

    Gb.3. Jika tali bra terlalu pendek, bagian belakang bra akan terangkat ke atas. Kadang hal ini juga terjadi pada bra yang ukurannya (lingkar dada, bukan cup) kebesaran.

    Gb.4. Jika ukuran tali terlalu longgar, maka tali tidak berfungsi sebagai penahan.

    Gb.5-6. Pemilihan bra yang tepat sehingga menempel dengan pas, menyangga dan menutupi payudara dengan sempurna dan nyaman, bahkan memperindah bentuknya. Selain itu juga nyaman di kulit. Bagian belakang juga pas di punggung, sehingga tidak menimbulkan rasa nyeri.

3. Pilih model dan tipe yang tepat. Ketika hendak mengenakan bra cermati terlebih dahulu jenis pakaian yang akan dikenakan.


Berikut “dampak” penampilan yang memikat karena pilihan bra yang disesuai dengan aktivitas juga outwear-nya.



  • SEAMLESS BRA Tipe bra ini memiliki outline lembut dengan seamless cup agar tidak tampak dari luar pakaian. Bra jenis ini sangatlah fleksibel untuk dipadupadankan dengan beragam jenis pakaian.

  • FULL CUP BRA Menutupi seluruh bagian payudara & memberikan rasa nyaman serta kekencangan yang mantap. Cocok dikenakan oleh pemilik payudara maxi.



  • SPORT BRA Bra yang tepat untuk digunakan saat Anda berolahraga atau beraktivitas sehari-hari. Dengan bahan yang lembut, elastis, sangat fleksibel dan nyaman dipakai.



  • 1/2 CUP BRA Bra jenis ini dapat menutupi ‘lowongan’ bagi pemilik payudara mungil, bahkan dapat mengangkat payudara sehingga membentuk lekukan yang seksi dan memberi kesan penuh.

  • 3/4 CUP BRA Mengangkat payudara dan membentuk lekukan sensual. Potongan mendalam pada bagian depan tengah cocok untuk pakaian dengan kerah V-neck.

  • PERFECT SHAPE Untuk menunjang pembentukan tubuh Anda menjadi lebih sempurna, kenakan bra Long torso dan Girdle.
Tips merawat bra:

  1. Rendam bra dalam air sabun tidak perlu dikucek-kucek karena kotorannya bukan yang menempel tetapi jika diperlukan pada bagian belakang dapat dikucek. Jangan diperas, langsung digantung dan biarkan airnya menetes sendiri sampai kering.

  2. Bila dicuci tangan maka untuk membuang air pada bra cukup dengan cara : saat memegang bra tangan kita memegang/mengepal/cengkeram bra tersebut, jangan dipelintir, tetapi peras per bagian, talinya, bagian belakang, lalu saat bagian depan, salah satu tangan kita berada dalam posisi menggenggam bra (jika ada kawatnya genggam kawatnya) kemudian peras sampai airnya keluar.

  3. Untuk pakaian dalam sebaiknya dicuci dengan sabun cuci cair tidak dengan spin di mesin cuci, jadi lebih awet tidak rusak kawatnya dan pasti bersih karena mencuci sendiri dan tidak dicampur dengan yang lain.

  4. Bila Anda ingin mencuci bra dengan mesin, pilihlah mesin cuci yang dapat di set hand wash dan tidak menggunakan mesin pengering karena akan merusak kawat penyangga. Langsung dijemur.

  5. Sebaiknya langsung dijemur dan usahakan dapat kering di hari yang sama untuk menghindari lembab pada cucian yang dapat mengakibatkan adanya bintik-bintik hitam atau jamur.

  6. Jangan menjemur bra dengan posisi menggantung tali bahu karena tali bahu akan melar. Jemur bra dengan menggantungnya di posisi tengah (antara kedua cup).

  7. Untuk mencegah kerutan pada bra, tepuk-tepuk lembut cup dengan tangan, jemur di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

  8. Jangan menyetrika bra.

  9. Khusus untuk bra berbahan sutera/silk, harus dikeringkan dengan menggunakan handuk.

1 comments:

Sutaaraito said...

Nice tips... thank you

Post a Comment