Tuesday, March 23, 2010

Nasi Goreng Jawa RM Soto Pak Djayus

Seperti namanya RM Soto Pak Djayus sebenarnya lebih terkenal karena menu soto ayam kampung, namun setiap kali berkunjung ke salah satu cabang RM Soto Pak Djayus yang terletak di dekat rumahku (Raya Tenggilis Mejoyo Surabaya), aku lebih memilih untuk menikmati menu Nasi Goreng Jawa Pak Djayus.

Yang istimewa dari Nasi Goreng Pak Djayus adalah bumbunya. Sang koki tidak menggunakan saos tomat untuk memberikan warna pada nasi melainkan hasil giling tomat, cabe merah, bawang putih, dan bawang merah....benar-benar nyata bedanya jika dibandingkan dengan nasi goreng jawa yang menggunakan saos tomat sebagai salah satu bumbu penyedap. Dan semakin nikmat dengan irisan daging ayam kampung serta telur rebus. Hmmm...aku suka banget! Padahal biasanya aku paling anti dengan menu masakan nasi goreng, tapi kali ini aku dibuat bertekuk lutut.

Selain menu soto ayam, RM Soto Pak Djayus juga memiliki beberapa alternatif menu pilihan seperti Mie Goreng Jawa dan Mie Kuah Jawa. Pilihan minuman juga bervariatif, mulai dari soft drink, es campur, es teler, serta aneka juice.

Hampir setiap hari Minggu pagi aku beserta keluarga singgah di tempat ini. Aku suka dengan suasana tempat makan yang bersih dan terkesan lapang karena terdapat banyak jendela yang "mencuri" pemandangan taman di sekeliling RM Soto Pak Djayus. Banyaknya bukaan, juga menghadirkan sirkulasi udara yang sehat. Hal lain yang membuat aku betah bersantap di sini adalah nuansa natural yang dihadirkan dengan dekorasi batu alam pada bagian lantai. Suasana Jawa semakin kental dengan hadirnya beberapa ornamen cermin berukuran raksasa dengan kayu berukir sebagai bingkainya dan para pegawai yang selalu mengenakan busana batik. Sungguh, menciptakan iklim bersantap yang santai dan nyaman.

0 comments:

Post a Comment