Sunday, January 10, 2010

Memperoleh Kembali Kepercayaan


Tahun 2010 sudah berumur 10 hari, tapi belum ada satu entrypun yang aku publikasikan. Bukan karena tidak ada ide untuk menulis, tapi dikarenakan kesibukan pekerjaan yang menggunung.

Salah satu pelajaran yang aku peroleh di tahun 2009 adalah mengenai memperoleh kembali kepercayaan. Adalah sangat susah untuk memperoleh kembali sebuah kepercayaan dari seseorang begitu seseorang tersebut merasa begitu terluka dan tercampakkan. Perlu perjuangan yang begitu hebat dan tekad yang kuat untuk memperoleh kembali kepercayaan yang sudah terlanjur hilang.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memperoleh kepercayaan kembali. Pertama, menyadari kesalahan dan meminta maaf tanpa berargumentasi, khususnya jika posisi kita adalah sebagai "pelaku kesalahan". Meminta maaf bukanlah hal yang mudah, sering kali ego mengalahkan keinginan untuk meminta maaf. Perlu proses mengalahkan ego diri sendiri dan kemudian meminta maaf. Bagi orang yang merasa kepercayaannya telah ternodai, awalnya akan sangat sulit untuk memberikan maaf. Begitu banyak penolakan dan alasan yang akan diungkapkan, bisa jadi malah sumpah serapah. Terima saja dengan berbesar hati. Anda sudah maju selangkah. Hebat!

Seiring dengan berjalannya waktu, hal yang perlu Anda lakukan untuk memperoleh kembali kepercayaan adalah tidak melakukan kesalahan yang sama. Belajar dari kesalahan. Berbuat kesalahan akan membuat orang menjadi lebih bijak. Sadar hal yang dilakukan sebelumnya bisa menimbulkan dampak yang tidak menyenangkan bagi orang lain dan menjadi bumerang untuk diri kita sendiri. Tunjukkan bahwa Anda bisa menjadi orang yang lebih baik dan raih kembali kepercayaan.

Selanjutnya adalah tidak terlalu banyak menuntut. Setelah instropeksi dan koreksi diri, hal inilah yang bisa dilakukan. Bisa jadi Anda belum sepenuhnya memperoleh kembali kepercayaan yang Anda inginkan, tenang saja. Jangan mudah putus asa. Ini adalah harga yang harus dibayar dan jangan harapkan hasil yang instan. Tetap lakukan hal yang terbaik secara konstan, biarkan orang di sekitar Anda menilai perubahan dan perbaikan yang Anda lakukan. Sedikit demi sedikit raih kembali kepercayaan, sampai akhirnya kepercayaan utuh kembali Anda peroleh.

Ok, walaupun terlambat, aku mengucapkan selamat tahun baru 2010. Maknai tahun ini dengan melakukan yang terbaik yang bisa Anda lakukan. Tuhan memberkati.

Hooray, finally my first entry of 2010 is officially published!!! (^_^)Y

1 comments:

Sutaaraito said...

Someone said @ his profile : it takes years to build trust and only a second to destroy it. Well, I found this sentence is true. So, better earn you trust back, although it's hard.

Post a Comment