Wednesday, December 16, 2009

Tentang Sumpit

Alat makan yang satu ini berasal dari Asia Timur, khususnya dataran China kuno (Dinasti Shang: 1766-1122 SM). Bukti penemuan menunjukkan sepasang sumpit ditemukan di reruntuhan makam Yin di daerah Houjiazhuang. Perkiraan sumpit itu buatan tahun 1200 SM.

Dahulu sumpit umumnya terbuat dari bambu (sesuai dengan arti kata asal dalam bahasa mandarin). Di kalangan kerajaan menggunakan sumpit yang terbuat dari gading karena sangat mahal harganya. Tapi pada zaman itu dipakai pula sumpit perak untuk mendeteksi racun dalam makanan (sumpit perak akan berubah warna bila ada racun dalam makanan).

Penggunaan kata "chopstick" dalam bahasa Inggris berasal dari Chinese Pidgin English di mana "chop chop" berarti cepat.

Sekarang sudah menjadi alat makan universal selain sendok dan garpu. Bentuknya seperti tusuk gigi ukuran raksasa, hanya saja ujungnya tidak meruncing. Untuk lebih mempermanis penampilannya yang sederhana ini, tersedia beraneka macam corak dan warna serta model.

Walaupun bentuknya lebih sederhana jika dibandingkan dengan sendok ataupun garpu, bukan berarti pemakaiannya semudah yang aku pikirkan. Aku paling bete kalau disuruh makan dengan menggunakan sumpit. Suer, ga bisa!

Sebenarnya sudah menjadi tuntutan seorang yang sangat doyan makan mie untuk bisa menggunakan sumpit, apalagi aku juga berprofesi sebagai sekretaris yang notabene bekerja di sebuah perusahaan yang bekerja sama dengan beberapa perusahaan Jepang, China, dan Thailand...kemungkinan untuk menjamu tamu-tamu asing dengan menu oriental semakin terbuka lebar.

Memalukan memang...sudah diajari berulang-ulang, hasilnya tetap sama saja. Kagok banget kalau harus menggunakan sumpit. Putus asa rasanya. Siapa sih yang menciptakan sumpit? Mau makan saja kok dipersulit? hehehehe excuse.com

Akhirnya setiap kali makan di restoran oriental, aku harus selalu meminta sendok dan garpu kepada pelayan restoran. Sedangkan setiap kali traveling ke negara Asia, sendok dan garpu adalah perangkat makan yang wajib aku bawa serta. Bisa mati kutu kalau tidak ada sendok dan garpu!

2 comments:

Starlight said...

You should learn how to use it, sis. It's not that difficult. I can teach you... LOL

Dian Lentera said...

It's too damned difficult for me..or perhaps I'm too lazy to learn hehehehe

Post a Comment