Thursday, December 3, 2009

Diam Tak Selamanya Emas



Selama ini aku selalu menganggap sikap diam adalah emas dan aku selama ini selalu bangga dengan sikap diamku. Aku tidak terlalu suka berkoar-koar dan mungkin itu yang menyebabkan beberapa orang mempercayakan rahasia mereka kepadaku karena mereka yakin aku tidak akan membocorkan rahasia mereka.

Sebagai seseorang yang berprofesi sebagai sekretaris, aku juga harus menutup rapat mulutku. Menjaga agar rahasia perusahaan tidak sampai diketahui oleh pihak luar, selain ada juga rahasia-rahasia yang hanya boleh diketahui oleh pihak-pihak tertentu dalam perusahaan. Aku semakin terlatih menutup mulutku. Bicara seperlunya dan selalu pada intinya, tanpa basa-basi.

Karena sudah terlatih menutup mulut, aku jadi terbiasa menutup mulutku. Aku menganggap jika suatu hal bukanlah hal yang penting untuk disampaikan, maka aku tidak perlu mengkomunikasikan hal itu dan jikalau aku sedang ada masalah di kantor atau beban pekerjaan dalam pikiran, aku juga berusaha untuk menyelesaikannya sendiri. Dari sinilah titik kesalahanku. Orang-orang terdekatku mulai merasa jengah dengan sikap diamku. Mereka merasa kalau aku tidak mempercayai mereka dan mulai berpikiran bahwa keberadaan mereka tidak berarti bagiku, walaupun aku tidak ada maksud begitu. Bahkan tidak pernah aku berpikiran demikian.

Pada suatu saat mereka mengatakan apa yang mereka pikirkan dan rasakan tentang sikap diamku. Mereka berkata bahwa mereka tidak meminta aku untuk membuka rahasia, mereka hanya meminta supaya aku berbagi rasa dan pikiran mengenai kegiatan keseharianku. Hal-hal yang sepele, misalnya menu makan siangku, film yang sedang ingin aku tonton, dll. Hal ini membuatku tersadar bahwa di dalam realita, sebuah relasi justru dibangun berdasarkan komunikasi, bahkan untuk hal-hal sepele sekalipun. Ternyata diam tidak selamanya emas. Dalam hal tertentu, justru diam akan menimbulkan kecurigaan dan pada akhirnya menghancurkan relasi yang sudah terbina dengan baik.

2 comments:

Starlight said...

You're right...

I found this beautiful quote a long time ago. It said, "Trouble is part of our life & if you don't share it, you don't give the person who love you a chance to love you enough..."

Hope that we can learn from this entry and try to share our trouble with our love one...

Dian Lentera said...

True...another day wiser, learning from mistakes

Post a Comment