Wednesday, December 9, 2009

Hari Anti Korupsi 9 Desember

9 Desember...semenjak tahun 2003 PBB menetapkan hari ini diperingati sebagai Hari Anti Korupsi. Tahun ini peringatan hari Anti Korupsi di Indonesia diramekan dengan berbagai macam demo yang serentak dilaksanakan di berbagai daerah di Indonesia. Sebut saja Jakarta, yang dipusatkan di Bundaran HI...lalu Surabaya yang dipusatkan di Gedung Grahadi dan dipimpin langsung oleh Cak Karwo (Gubernur Jatim).

Setiap stasiun TV sejak pagi tadi sudah menayangkan liputan dan wawancara khusus yang berhubungan dengan Hari Anti Korupsi. Seakan-akan semua sedang berlomba-lomba untuk memberikan opini dan liputan istimewa, apalagi akhir-akhir ini kasus korupsi Bank Centuri sedang menjadi hot news...kalau aku boleh pinjam istilah dari salah satu anggota keluargaku...kasus Bibit-Candra-Anggodo-Antasari adalah sinetron paling seru yang pernah ditayangkan hehehehe ^_^

Emh...aku mempunyai pemikiran sendiri dalam mengisi Hari Anti Korupsi dan seyogyanya tidak hanya dilakukan pada hari ini saja sehingga menjadi suatu habit. Pertama, mengucap syukur untuk setiap sen yang Anda hasilkan dari pekerjaan Anda. Kedua, mencukupkan diri dengan setiap sen yang Anda hasilkan. Memang setiap menengadahkan kepala akan melihat dunia yang gemerlapan yang memprovokasi untuk direngkuh, tapi tentu saja itu tidak akan berkesudahan. Pada dasarnya manusia tidak pernah puas, maka belajarlah mencukupkan diri. Rem hasrat untuk memiliki lebih dan lebih. Adalah tidak salah menjadi seseorang yang berambisi untuk memiliki keuangan yang berlimpah, tapi bilamana ambisi itu kemudian diraih dengan menghalalkan segala cara, maka itu adalah salah.

Korupsi tidak melulu soal harta. Waktu adalah sesuatu yang sering dikorupsi. Budaya jam karet di Indonesia sudah mengakar kokoh. Adalah hal biasa bila pelaksanaan suatu acara terpaksa diundur karena jumlah peserta yang hadir belum mencukupi. Hal yang sangat aku sayangkan. Aku bersyukur karena orang tuaku sangat disiplin mendidik anak-anak mereka untuk selalu tepat waktu. Lebih baik menunggu daripada membiarkan orang lain menunggu.

Selamat Hari Anti Korupsi!

0 comments:

Post a Comment