Monday, April 9, 2012

Tips Saat Kartu ATM / Kartu Kredit Hilang

Ugh, menyebalkan sekaligus mendebarkan sekali memang saat sadar kartu ATM atau kartu kredit kita hilang. Rasa dingin serasa menjalar dari kaki ke tengkuk, bahkan tak ayal keringat membasahi telapak tangan dan kening. Membayangkan uang yang mengendap di rekening menguap atau terjadi transaksi-transaksi pembelian oleh oknum tak bertanggungjawab.
Berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan pada saat sadar kartu ATM atau kartu kredit Anda hilang:

1. Jangan Panik
Panik tidak akan membantu Anda, malah akan semakin memperkeruh suasana. Tenangkan pikiran Anda, sehingga Anda dapat berpikir jernih mengenai langkah-langkah yang harus segera Anda ambil atau untuk mengingat kejadian-kejadian yang telah terjadi, siapa tahu kartu ATM / kartu kredit Anda terselip.

2. Hubungi Call Center
Segera hubungi call center bank penerbit kartu ATM atau kartu kredit untuk melaporkan kehilangan kartu Anda sekaligus untuk memblokir penggunaan kartu oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Usahakan selalu menyimpan nomor call center bank penerbit kartu ATM / kartu kredit Anda di telepon genggam atau buku notes Anda.

3. Membuat laporan ke pihak berwajib
Segera laporakan kehilangan kartu ATM / kartu kredit Anda ke pihak berwajib agar diterbitkan surat keterangan kehilangan. Berkas ini diminta oleh pihak bank untuk penerbitan kartu baru.

4. Mengurus penerbitan kartu baru
Segera setelah point No. 3 terlaksana, hubungi bank penerbit untuk menerbitkan kartu baru bagi Anda.
Semoga bermanfaat ^_^

1 comments:

Sutaaraito said...

Sip Sip

Post a Comment