Monday, April 16, 2012

Tips Mengatasi Stress Kerja


Semua pasti pernah merasakan betenya menyadari akhir pekan telah berakhir dan Senin sudah datang menjemput. Harus menghadapi situasi dan tekanan kerja yang tinggi, karakter bos/rekan kerja yang bisa jadi menyebalkan, berkas-berkas yang menggunung di meja, dan sebagainya. Pffttt....rasanya menyesakkan dada dan membuat pening kepala.

Namun jangan sampai kondisi itu membuat Anda menjadi stress. Berikut adalah 9 tips mengatasi stress di tempat kerja :


  1. Rencanakan aktivitas harian dengan baik. Penting sekali untuk membuat perencanaan bukan hanya jangka panjang tapi juga jangka pendek (rencana bulanan, rencana harian).

  2. Ingat-ingat solusi yang pernah diterapkan sebelumnya dalam mengatasi permasalahan sejenis. Pertimbangkan apakah solusi itu bisa diterapkan kembali.

  3. Ikutlah membangun iklim kerja yang menyenangkan, yaitu dengan bersikap terbuka dan berkomunikasi dengan sesama rekan kerja.

  4. Pastikan Anda mengerti terhadap tugas dan tanggung jawab Anda, serta jangan ragu untuk bertanya.

  5. Lakukan beberapa kali break untuk beberapa menit. Santai dan JANGAN MELAKUKAN APAPUN. Ambil nafas dalam-dalam.

  6. Miliki sikap toleransi kepada sesama rekan kerja. Ingatlah bahwa masing-masing orang adalah pribadi yang unik.

  7. Delegasikan sebagian tanggung jawab Anda.

  8. Pertahankan semangat tim Anda.

  9. Sediakan lingkungan kerja yang baik. Minimalkan gangguan-gangguan seperti suara, ventilasi, cahaya dan suhu.

0 comments:

Post a Comment