Monday, April 16, 2012

Tips Mengatasi Stress





Stress tidak hanya dikenal di dalam dunia kerja, bahkan di kehidupan sehari-hari stress bisa menyapa. Namun bukan berarti stress tidak bisa dihindari ataupun diatasi. Berikut adalah 10 tips mengatasi stress :

1. Berdoa. Kedekatan dengan sang Khalik adalah kunci dari kehidupan.



2. Curhat. Memiliki sahabat dekat terpercaya yang bersedia menampung cerita hati Anda, walaupun mungkin mereka tidak memberikan solusi apapun, namun hanya dengan mengungkapkan uneg-uneg Anda, Anda sudah merasa sedikit lebih baik dari sebelumnya. Apabila malu untuk bercerita mengenai sesuatu yang terlalu pribadi, Anda dapat menuliskannya dalam diary.



3. Body massage dan body treatment. Kedua hal ini baik sekali untuk relaksasi dan menormalkan peredaran darah (pijat). Nilai tambah bagi body treatment adalah timbulnya rasa percaya diri yang mendorong Anda untuk siap melakukan apa saja.



4. Berolahraga teratur merupakan hal yang sangat penting dalam memerangi stress. Berolahraga akan memobilisasi otot-otot kita, mempercepat aliran darah dan membuka paru-paru untuk mangambil lebih banyak oksigen. Dampaknya anda akan memperoleh tidur yang lebih nyenyak dan kesehatan xang lebih baik.

5. Melakukan hobby, entah itu travelling, atau apapun. Anda bisa juga melakukan petualangan yang belum pernah anda alami sebelumnya seperti berarung jeram misalkan.Melakukan kegiatan-kegiatan seperti ini dapat menghilangkan pikiran yang menyebabkan stress.


6. Minum Air Putih. Dengan banyak minum air putih akan membantu memulihkan tubuh kita dari kekurangan cairan, karena kekurangan cairan dapat menimbulkan keletihan.

7. Meditasi. Meditasi sangat membantu membersihkan pikiran kita dan meningkatkan konsentrasi. Telah terbukti bahwa meditasi selama 15 menit sama dengan kita beristirahat selama 1 jam. Meskipun anda hanya melakukan meditasi selama 2 menit, tetap akan cukup membantu.Meditasi akan sangat membantu anda melupakan hal-hal yang dapat menyebabkan stress.


8. Hindari karbohidrat. Ketika seseorang mengalami stress, suatu reaksi yang alamiah jika orang tersebut kemudian melampiaskannya dengan mengkonsumsi makanan. Perlu anda ketahui bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dapat meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh, yang dapat membuat tubuh menjadi cepat lelah dan mood anda menjadi jelek, plus stress tambahan melihat jarum timbangan yang menunjukkan penambahan bobot tubuh.


9. Seks. Ini adalah penyembuhan yang sangat baik dan paling menyenangkan untuk menghilangkan stress. Banyak dokter mengatakan bahwa seks adalah cara yang luar biasa dalam meredam kemarahan dan stress.


10. Tidur. Jika tubuh kita sedang lelah, akan susah mengendalikan stress. Tidak cukup tidur akan berpengaruh pada keseluruhan hari kita, dan biasanya kita mengalami hari yang buruk karena kurang tidur menyebabkan kita tidak dapat berkonsentrasi dan melihat suatu permasalahan lebih buruk dari yang seharusnya.

0 comments:

Post a Comment