Wednesday, May 18, 2011

Icip - Icip Kuliner Khas Borneo



Ketupat Kandangan


Ini adalah menu khas pertama yang aku icipi di bumi Borneo. Menu yang hanya dapat ditemui di Kabupaten Kandangan (Kalimantan Selatan) ini berupa ketupat yang disajikan dengan kuah santan yang terasa manis di lidah....hampir mendekati rasa kuah opor ayam. Sebagai pelengkap, ketupat kandangan disajikan dengan pilihan ikan haruan / ikan gabus atau telur ayam rebus yang diberi kuah santan.


Lontong Orari


Umumnya bentuk lontong adalah seperti tabung yang dibungkus dengan lembaran daun pisang, namun di sini lontong dibentuk seperti segitiga pipih. 1 porsi Lontong Orari = 2 buah lontong + opor nangka muda + 1 butir telur rebus + 1 ekor ikan haruan goreng bumbu habang. Benar-benar porsi jumbo! Mantap nih untuk yang ingin menaikkan berat badan seperti aku.


Soto Banjar




Nah kalau yang ini sudah familiar di Surabaya. Hanya saja yang berbeda adalah suasana tempat menyantap Soto Banjar. Soto Banjar kali itu aku santap di atas rumah makan apung di Sungai Martapura sepulang perjalananku dari Pasar Terapung Lokbaintan. Selain menu Soto Banjar, di tempat itu juga menyajikan Sate ayam yang luar biasa enaknya! Menurutku pribadi, malah lebih enak satenya dibanding Soto Banjar yang adalah menu utama di tempat itu.

0 comments:

Post a Comment