Wednesday, May 26, 2010

Apocalypto


Ini dia salah satu film favoritku: Apocalypto. Film garapan Mel Gibson (2006) ini mengambil cerita suku pedalaman Indian di daratan benua Amerika sebelum ditemukan oleh Christoper Colombus. Suku-suku Indian pada saat hidup sporadis dan berkelompok. Penjajahan antar suku terjadi. Suku yang kuat menjajah, menjarah suku yang lemah, lalu menjadikan mereka sebagai budak atau korban persembahan pada dewa.

Adalah Jaguar Paw - anak seorang kepala suku yang menjadi salah satu tawanan suku Maya untuk dipersembahkan kepada dewa matahari setelah sebelumnya desanya diporakporandakan. Suku Maya percaya bahwa wabah penyakit serta kekeringan yang terjadi di kawasan mereka adalah kutukan dewa matahari sehingga mereka terus menerus memenggal kepala laki-laki suku lain agar dewa matahari menghapus kutukan mereka.

Pada saat Jaguar Paw akan dipenggal, terjadilah gerhana matahari sehingga Jaguar Paw tidak jadi dipenggal karena suku Maya menganggap dewa matahari tidak berkenan dengan persembahan mereka. Jaguar Paw kemudian dibawa menuju perbatasan desa oleh panglima perang suku Maya.

Selagi Jaguar Paw berusaha meloloskan diri dari hujaman anak panah, anak panglima perang suku Maya tewas dibunuh oleh teman Jaguar Paw dengan tujuan agar Jaguar Paw dapat melarikan diri, hal ini membuat sang panglima perang menjadi berang dan memburu Jaguar Paw dengan beberapa orang anak buahnya. Dari sinilah cerita berburu dan memburu dimulai.

Jaguar Paw yang terluka tusukan anak panah berlari menembus hutan dan menerjuni air terjun menuju desa kelahirannya. Begitu berhasil mencapai hutan kawasan dia biasa berburu, Jaguar Paw berganti peran menjadi pemburu.

Berhasilkah Jaguar Paw meloloskan diri dari kejaran panglima perang suku Maya sekaligus menyelamatkan istrinya yang sedang hamil serta anak laki-lakinya yang ia sembunyikan di sebuah sumur kering?

Alur cerita film ini begitu breath taking. Benar-benar seru! Walau sudah menyaksikannya berulang-ulang, masih saja aku terkesima dengan film ini. Sangat kurekomendasikan untuk penggemar film bergenre action.

2 comments:

Sutaaraito said...

Would like to see it! Do you have the dvd? May I borrow it?

Dian Lentera said...

sure! I'll bring it tomorrow. hope you'll enjoy it as much I do

Post a Comment