Friday, April 16, 2010

RM Bandeng Pak Elan 1

Hari ini aku diminta 3 orang teman kantor untuk menemaninya survey 2 lokasi perumahan di kota Gresik. Kami berangkat ke lokasi sebelum jam makan siang melewati jalur tol.

Setelah beberapa saat memutari 2 lokasi perumahan yang saling berdekatan untuk mengecek fasilitas yang sudah tersedia sekaligus nilai strategis dan mutu bangunan, perut kami sudah tidak bisa diajak kompromi. Jadi, mulailah kami hunting tempat makan yang ada di kota Gresik. Kami menginginkan menu khas daerah, sehingga pilihan yang tersedia adalah nasi krawu atau bandeng olahan. Setelah berunding, akhirnya pilihan jatuh pada Rumah Makan yang terkenal dengan olahan ikan bandengnya, yaitu RM Bandeng Pak Elan.

RM Bandeng Pak Elan 1 terletak di Jalan Veteran 69 Gresik. Lokasi yang sangat strategis karena terletak di jalan arteri kota Gresik. Segera setelah melangkah masuk ke dalam RM Bandeng Pak Elan 1, kami memesan menu 1 ekor bandeng goreng tanpa duri, 2 mangkuk sayur asem, 2 porsi tahu goreng, 10 tusuk sate kerang, serta nasi putih yang disajikan dalam bakul anyaman bambu.

Hmmm...benar-benar nyamleng!
Bandeng digoreng kering dan gurih, hingga bagian kepala bisa dilahap habis...tidak perlu repot memisahkan duri-duri halus yang biasanya menyebabkan sebagian besar orang enggan menyantap ikan bandeng. Tahu gorengnya juga sangat nikmat, begitu juga dengan sate kerang, dan sayur asemnya. Wow! Tidak mengherankan jika RM Bandeng Pak Elan menjadi salah satu ikon terkenal di kota Gresik.

Kota Gresik terkenal juga dengan minuman khas daerahnya, yaitu Legen. Di RM Bandeng Pak Elan, Legen secara unik disajikan dalam bumbung bambu dan diberi sendok kuah yang terbuat dari batok kelapa gading. Sajian minuman khas Legen ini disebut Legen Bumbung. Legen Bumbung bisa diperoleh di RM Bandeng Pak Elan seharga Rp 25.000,-
Di siang seterik hari ini, segar sekali mereguk Legen ^_^

0 comments:

Post a Comment