Friday, February 24, 2012

Tips Memilih Ikan Asin


Tidak peduli orang lain menganggap lauk yang satu ini sebagai lauk orang kere, namun bagiku ikan asin adalah menu yang sangat nikmat dan layak untuk disantap. Apalagi jika menyantapnya dengan nasi yang masih hangat dan ditemani sambal (yiay....akhirnya aku mulai bisa makan pedas). Suer, bisa lahap banget makanku!

Ada banyak variasi olahan ikan asin...ada yang dibumbu balado, ada menjadikannya sebagai campuran nasi goreng, ada juga yang menjadikannya campuran dalam tumisan tumis tauge dll. Itu semakin menambah kenikmatan untuk menikmati menu favoritku. Hmm...nulis begini saja sambil membayangkan hasil olahan ikan asin sudah mampu membangkitkan selera makanku.

Tapi eits.....ternyata sekarang banyak suplier yang nakal dalam memproduksi ikan asin. Ada oknum yang mengolahnya dengan formalin, ada pula yang mencampurnya dengan tawas supaya ikan asin terlihat putih bersih, ada pula yang membuatnya dari ikan yang tidak segar. Jadi ketelitian pada saat memilih dan membeli ikan asin sangat diperlukan. Jangan sampai tubuh kita dimasuki zat kimia berbahaya yang bisa merusak kesehatan kita.

Jadi bagaimana cara memilih ikan asin yang bermutu baik, berikut tipsnya:


  • Saat memilih, tekanlah daging ikan. Jika masih kenyal dan tidak lembek atau rusak berarti ikan masih bagus. Jika mudah hancur, bisa jadi terbuat dari ikan yang tidak segar.

  • Aromanya juga segar atau tidak busuk. Sedangkan yang dibuat dari ikan kurang segar akan beraroma busuk.

  • Hindari memilih ikan asin yang warnanya putih, kaku karena biasanya diberi bahan pemutih. Usahakan membeli ikan dengan warna yang wajar, walau kadangkala berwarna hitam atau coklat, malah ikan seperti itu yang lebih baik dan bebas dari zat berbahaya.

  • Waspadai ikan yang tidak dihinggapi lalat karena kemungkinan mengandung zat pemutih.

  • Ikan yang mengandung zat hidrogen peroksida dan tawas, biasanya tidak gampang patah dan agak keras, oleh karena itu jika kita membeli ikan coba dipatahkan, jika agak susah maka mengandung zat tersebut.

  • Cuci ikan sebelum digoreng.

0 comments:

Post a Comment