Wednesday, January 18, 2012

Resolusi 2012: Mengurangi Asupan Gula

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap menginjak tahun yang baru aku selalu menetapkan target pada diri sendiri untuk perbaikan diri maupun menata masa depan sekaligus menikmati hidup.

Jika di tahun sebelumnya Tuhan mengijinkanku untuk membeli rumah dan kendaraan baru, juga traveling maka tahun ini aku menetapkan target:
1. Menata keuangan untuk jaminan masa tuaku
2. Perbaikan mutu kesehatan dengan mengurangi asupan gula

Aku tidak akan membahas point pertama, kali ini aku akan menitikberatkan pada point kedua. Aku sangat menyukai segala sesuatu yang manis; entah itu es krim, kue, biskuit, permen, coklat, puding dll. Saking kecanduannya dengan rasa manis, aku tidak pernah lupa membawa permen atau coklat bahkan kue brownies setiap aku bepergian. Rela membawa beban berat, asalkan aku bisa menjamin diriku sendiri untuk me"mamakbiak" yang manis-manis. Intinya aku sangat kecanduan dengan gula. Aku tidak peduli dengan ancaman diabetes dan penyakit-penyakit turunannya.Tapi itu dulu, sekarang aku memutuskan untuk mengurangi asupan gula ke dalam tubuhku. Aku mengambil resolusi ini karena tidak ingin terkena penyakit Diabetes dengan segala komplikasinya.


Adapun langkah yang kutempuh untuk mengurangi asupan gula dalam tubuhku adalah:



  1. Mengurangi mengkonsumsi minuman ringan. Jika biasanya aku minum minuman ringan tiap hari, aku menggantinya dengan minum air putih (ini yang paling berat karena aku kecanduan salah satu merk minuman ringan)

  2. Mengganti permen dan biskuit manis dengan buah

  3. Tidak melewati lorong di supermarket yang menyajikan biskuit, permen, dan coklat

  4. Mengurangi makan karbohidrat

Kelihatannya sepele, namun sebenarnya bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Aku harus lakukan untuk kebaikan diriku sendiri. Wish me luck!

0 comments:

Post a Comment