Wednesday, March 28, 2012

Foot Note: Bus Damri Bandara di Makassar


Rupanya tidak banyak yang tahu mengenai transportasi bus bandara di Makassar. Padahal keberadaan jenis transportasi ini sangat ekonomis dan efisien bagi yang hendak ke Bandara Sultan Hasanuddin ataupun bagi yang hendak ke kota Makassar dari bandara.

Hal ini terbukti pada saat aku bersama teman seperjalananku sempat beradu argumen dengan kepala cabang kantor Makassar tentang keberadaan Bus Damri Bandara. Beliau menyatakan tidak ada Bus Damri Bandara di Makassar, sedangkan aku kukuh bertahan pada pendapatku karena aku pernah memotret counter Damri di Bandara Sultan Hasanuddin beberapa waktu yang lalu. Lalu dibuktikan juga pada saat akan menuju bandara, beberapa orang yang kami tanyai mengenai bus bandara, mereka rata-rata tidak mengetahuinya.

Aku merasa sangat terbantu dengan adanya fasilitas bus bandara ini. Bandingkan saja, jika naik taxi menuju Makassar, maka paling tidak membutuhkan biaya 100 ribu rupiah (harga tersebut masih belum ditambah tarif gerbang tol yang harus dilewati menuju kota Makassar. Sedangkan jika naik bus bandara hanya perlu mengeluarkan uang 15 ribu saja (jarak jauh maupun dekat tarif sama). Tinggal duduk manis menikmati pemandangan kota Makassar di dalam bus ber-AC. Benar-benar murah!

Tiket Bus Damri Bandara



Semakin merasa beruntung dengan adanya bus bandara ini sewaktu bertolak ke bandara pada saat di Makassar terjadi demo besar-besaran menolak kenaikan harga BBM pada 26 Maret 2012 yang lalu. Demonstrasi mahasiswa saat itu membuat kemacetan yang luar biasa di tol, mereka bahkan menutup akses menuju bandara. Kami terjebak di tol selama 3 jam! Huah, ga terbayang deh seandainya saat itu aku bersama teman seperjalananku naik taxi menuju bandara....bisa-bisa ratusan ribu melayang hanya untuk membayar transportasi menuju bandara.

Adapun rute yang dilalui adalah sebagai berikut:

Bandara - Pusat Kota: Bandara Internasional Sultan Hasanuddin - Jalan Perintis Kemerdekaan - Jalan Urip Sumoharjo - Jalan Gunung Bawakaraeng - Jalan Kartini - Jalan Kajalalido - Jalan Arif Rate - jalan Sultan Hasanuddin - Jalan Patimura (Pasar Baru) - Jalan Ujung Pandang - Jalan Ribura'ne


Loket Bus Damri Bandara Pusat Kota Makassar yang terletak di Jalan Ribura'ne (seberang RRI Makassar)


Pusat Kota - Bandara: Jalan Ribura'ne - Jalan Ahmad Yani - Jalan Kajolalido - Jalan Arif Rate - Jalan Sultan Hasanudin - Jalan Pattimura (Pasar Baru) - Jalan Ujung Pandang - Jalan Nusantara - Toll Ir. Sutami - Bandara Internasioanl Sultan Hasanuddin

Bila ingin menanyakan jadwal keberangkatan bis bandara, dapat menghubungi nomor-nomor berikut: 0821-92178703 / 0411-510155 (counter di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin) atau 0821-92178704 (counter di Jalan Ribura'ne - seberang RRI).

Oh ya, ada satu informasi yang terlewatkan, yaitu mengenai jam operasional bus bandara. Dari pusat kota Makassar menuju bandara mulai beroperasi sejak pukul 05.00 - 20.00 WITA (calon penumpang berkumpul di halte bus Jalan Ribura'ne - seberang kantor siaran RRI), sedangkan waktu operasional dari bandara menuju pusat kota Makassar beroperasi sejak pukul 08.30 - 24.00 WITA.

Jadi kesimpulan secara garis besar adalah aku sangat puas dengan pelayanan bus Damri Bandara Makassar ^_^

9 comments:

jojopritty said...

Nakasih banyak ya informasinyam really helpful saya memang lagi mencari informasi ini, saya juga berdebat dengan petugas hotel tempat saya menginap katanya gak pernah bus dmari yang dari dan ke airport, aneh juga ya, hanya orang-orang tertentu yang tahu. Again, makasih banyak ya informasinya

Dian Lentera said...

@ Jojopritty: sama-sama. Senang kalau ulasanku bisa membantumu ^_^

Unknown said...

Makasih banget infonya. Kebetulan saya mau ke Makassar bulan April 2014, jadi terbantu deh dengan infonya. Hehehe.

DEDI SETIAWAN said...

Tks infonya :)
Makasar I'm coming !!!!

NURALAMSAH ZULKARNAIM said...

Sy juga g pernah liat dan g tau. Wah nice info
Thanks

Unknown said...

thanks infonya... tanggal 26 september nanti. saya mau travelling ke Makassar sendirian soalnya...

Unknown said...

Mantap deh Infonya Mas Bro...thanks

Yos said...

Trima kasih infonya gan. Sangat membantu.

Unknown said...

Kalau boleh tau damri di Makassar ini paling malamnya jam berapa yah? terimakasih

Post a Comment